Friday, March 4, 2016

ASEAN Students Visit India (ASVI)

Program kunjungan pemuda ASEAN ke India atau lebih dikenal dengan ASVI merupakan salah satu bentuk kerjasama antara kementeriaan luar negeri India beserta CII atau dikenal dengan Confederation of India Industry terhadap negara ASEAN. Sebagai salah satu Negara ASEAN, Indonesia diberikan kesempatan untuk mengirimkan 25 delegasinya untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan terhadap Negara India khususnya dibidang ekonomi dan budaya.

ASVI sendiri didirikan pada tahun 2007 oleh perdana menteri India, Dr.Manmohan Singh, sebagai upaya pengenalan industri serta kebudayaan India, agar dapat meningkatkan hubungan antara Negara anggota ASEAN dan India. Program ini memberikan bekal ilmu kepemimpinan serta kewirausahaan yang mana diharapkan kelak mampu menghasilkan pemimpin – pemimpin yang kreatif dan  inovatif.

Selama kurang lebih 14 hari, yang mana 3 hari merupakan sesi persiapan dan pembekalan atau dikenal dengan istilah PDT ( Pre Departure Training) di Jakarta dan kemudian dilanjutkan dengan 11 hari di India mengunjungi beberapa kota seperti Bengaluru, Ahmedabad, Agra dan Delhi. Di tiap kota tersebut, para pemuda ASEAN mengunjungi beberapa perusahaan,universitas, tempat bersejarah dan tempat wisata yang umumnya dikenal secara luas seperti perusahaan TVS, institusi IIM, Gandhi Ashram, dan Taj Mahal.

Tidak hanya sekedar mendapatkan pengetahuan dan pengalaman, program ASVI sendiri mengajak pemuda untuk tetap mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan serta mampu memberikan kontribusi terutama dibidang kepemimpinan dan kewirausahaan, sejalan dengan tujuan awal dan kegiatan kegiatan yang telah dilakukan selama program ASVI itu sendiri.

No comments:

Post a Comment